Minuman Manis Dapat Meningkatkan Risiko Kematian Dini

Senin, 25 Maret 2019 - 11:30 WIB
Minuman Manis Dapat Meningkatkan Risiko Kematian Dini
Minuman Manis Dapat Meningkatkan Risiko Kematian Dini
A A A
JAKARTA - Waspada untuk mereka yang suka menikmati minuman manis, khususnya wanita. Pasalnya hal ini memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Studi yang dipimpin para peneliti Universitas Harvard menemukan bahwa minum 1-4 minuman manis per bulan dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian satu persen dan 2-6 minuman per minggu dengan peningkatan enam persen.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation ini menunjukkan bahwa meningkatnya risiko kematian dini terkait dengan konsumsi minuman yang dimaniskan dengan gula lebih menonjol di kalangan wanita daripada di kalangan pria. (Baca juga: Mau Punya Kulit Cerah? Gunakan Saja Ampas Kopi! ).

"Hasil kami memberikan dukungan lebih lanjut untuk membatasi asupan minuman yang dimaniskan dengan gula dan menggantinya dengan minuman lain, terutama air, untuk meningkatkan kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan," kata pemimpin penulis Vasanti Malik diansir The New Indian Express.

Namun, minum satu minuman artifisial per hari alih-alih minuman ringan berkarbonasi dan non-karbonasi, minuman buah, minuman energi, dan minuman olahraga menurunkan risiko kematian dini. Untuk penelitian ini, tim menganalisis data dari 80.647 wanita dan 37.716 pria. Studi ini mendukung kebijakan untuk membatasi pemasaran minuman manis untuk anak-anak dan remaja dan untuk menerapkan pajak soda.

Minuman yang dimaniskan dengan gula sebaiknya tidak lebih dari 10% kalori harian dari gula tambahan. Asupan minuman yang dimaniskan gula juga meningkat di negara-negara berkembang, didorong oleh urbanisasi dan pemasaran minuman.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3877 seconds (0.1#10.140)